Selasa, 12 Januari 2016

Mitos Kipas Angin di Korea

Mitos Kipas Angin di Korea

Ini adalah sebuah mitos urban (Urban Legend) dari Korea Selatan tentang sebuah keyakinan bahwa kipas angin dapat membunuh. Mitos ini sangat populer di Korea dan banyak orang percaya bahwa itu benar. Banyak orang Korea akan menolak untuk menghabiskan malam di sebuah ruangan dengan kipas angin karena takut dengan mitos ini.


Di Korea Selatan, ada sebuah urban legend yang sangat aneh tentang kipas. Sejumlah warga Korea percaya bahwa kipas angin dapat menyebabkan kematian. Mereka berpikir bahwa jika Anda meninggalkan sebuah kipas angin listrik menyala semalaman di sebuah ruangan dengan pintu dan jendela tertutup, Anda bisa mati dalam tidur Anda.

Karena itu, semua kipas angin yang dijual di Korea Selatan dilengkapi dengan timer otomatis yang membuat kipas itu mati secara otomatis setelah beberapa menit.


Beberapa orang percaya bahwa kipas angin dapat menciptakan ruang hampa karena kipas angin dapat menghisap oksigen dari ruangan, dan hal itu akan menyebabkan Anda mati karena sesak napas. Beberapa masyarakat lain percaya bahwa kipas angin dapat menurunkan temperatur ruangan, menyebabkan Anda kedinginan hingga mati atau mati karena hipotermia.


Sayangnya, fakta telah membuktikan bahwa kipas angin tidak bisa membunuh Anda. Korea Selatan adalah satu-satunya negara yang percaya pada kipas angin yang dapat menyebabkan kematian. Para ilmuwan setuju bahwa kipas angin tidak bisa menurunkan suhu yang cukup untuk membunuh Anda atau menghisap oksigen yang cukup untuk membuat Anda sesak nafas. Tidur di kamar tertutup dengan kipas angin benar-benar aman.


Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang Korea yang cerdas dan terdidik, kepercayaan aneh masih tetap tumbuh dikalangan mereka. Koran Korea bahkan kadang-kadang membawa cerita tentang orang-orang yang telah terbunuh oleh kipas anginnya. Lihatlah contoh kasus ini dari sebuah koran bernama The Korea Herald pada tahun 2011:


"Seorang pria dilaporkan meninggal pada Senin pagi setelah tidur dengan kipas angin yang menyala. Korban 59 tahun, dikenal dengan nama panggilan Min, ditemukan tewas dengan kipas langsung menghadap kepadanya."


Ada sebuah kisah tentang beberapa anak-anak
kuliah dari Amerika yang memutuskan untuk menjahili teman sekamar mereka yang berasal dari Korea. Ketika mereka menemukan bahwa dia percaya pada mitos bahwa kipas dapat menyebabkan kematian, mereka menggodanya dengan pergi tidur di ruang tertutup dengan enam kipas angin yang menyala. Dia memohon mereka untuk tidak membuat lelucon terhadap legenda itu dan memilih untuk tidur sepanjang malam di lorong asramanya. Di pagi hari, ketika ia terbangun dan semua teman Amerikanya melewati malam itu dengan selamat, orang Korea itu curiga. "Saya tahu apa yang kalian semua lakukan" Dia berkata "Kau pasti membuka jendela saat tengah malam ketika aku tertidur!"

Namun, hal ini adalah sesuatu yang biasa. Setiap negara di dunia memiliki keyakinan aneh mereka sendiri.


Di Cina mereka berpikir bahwa duduk di kursi toilet yang hangat akan menyebabkan wasir. Orang Inggris percaya bahwa duduk di permukaan yang dingin menyebabkan wasir. Di Peru, orang berpikir bahwa berdiri terlalu lama di depan lemari es dapat menyebabkan kanker. Di Republik Ceko, orang-orang berpikir air minum setelah makan buah-buahan menyebabkan masalah perut. Di Filipina, banyak ibu-ibu akan menghentikan anak-anak mereka dari mengenakan pakaian merah selama badai. Mereka takut itu bisa menyebabkan mereka disambar petir.


Namun, ada satu hal yang harus diingat: Jika Anda pergi ke Korea Selatan dan menempatkan kipas angin menyala di ruang tertutup dengan seseorang, mungkin ada kemungkinan Anda bisa didakwa dengan kasus percobaan pembunuhan!

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Dreamland Tree Copyright © 2010 | Designed by: compartidisimo